Jumat, 05 September 2014

Persyaratan Umum dan Khusus CPNS Kabupaten Sarolangun Jambi Tahun 2014.



Persyaratan Umum dan Khusus CPNS Kabupaten Sarolangun Jambi, Tahun 2014. Berikut saya post dari https://panselnas.menpan.go.id/index.php/13-formasi/daerah/provinsi/kabkota/415-kab-sarolangun untuk membantu saudara-saudara yang berminat mengikuti tes CPNS Kab Sarolangun dari pelamar umum tahun 2014. Post ini memuat persyaratan umum dan persyaratan khusus yang harus di persiapkan bagi calon pelamar.






PERSYARATAN UMUM
1. Warga Negara Indonesia (WNI);
2. Sehat Jasmani dan Rohani;
3. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/ Pegawai Negeri Sipil;
4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
5. Tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus partai politik;
6. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan Keputusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum;
7. Tidak terlibat langsung atau tidak langsung dalam gerakan/ kegiatan organisasi yang bertentangan dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah;
8. Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat pendaftaran, atau yang berumur sampai dengan 40 (empat puluh) tahun bagi yang bekerja pada instansi atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional paling kurang 5 (lima) tahun pada tanggal 17 April 2002 dan masih bekerja sampai saat ini secara terus menerus dan tidak terputus;
9. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah negara kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan pemerintah;

PENDAFTARAN
1. Calon pelamar dapat melakukan pendaftaran secara online pada portal Seleksi CPNS Nasional dengan tahapan sebagai berikut:
  a. Melakukan Registasi/ Pendaftaran di Portal Panselnas di alamat: https://panselnas.menpan.go.id
  b. Setelah mendapatkan username dan password yang dikirimkan ke alamat email peserta, selanjutnya melakukan pendaftaran dengan LOGIN ke alamat website http://sscn.bkn.go.id/;
  c. Isi formulir registrasi online dan selanjutnya bukti registrasi online dicetak dan dilampirkan pada lembaran terdepan sebelum surat lamaran.
2. Foto Copy Ijazah, STTB, Transkrip Nilai, termasuk ijazah Akta bagi Tenaga Guru dan ijazah Profesi Guru apabila ada serta ijazah profesi bagi tenaga Dokter dilegalisir oleh
  Pejabat yang berwenang sesuai dengan KEPKA BKN Nomor 11 Tahun 2002. (Ijazah sementara/ Keterangan lulus/ Bukti yudisium tidak diterima);
3. Membuat surat lamaran yang dibuat dengan tulisan tangan sendiri dengan huruf kapital, tinta hitam di atas Kertas HVS dan ditandatangani di atas materai Rp.6.000,- dan tidak mencantumkan nomor telpon/ hp serta mencantumkan formasi jabatan dan kualifikasi pendidikan yang dilamar serta ditujukan kepada Bupati Sarolangun Cq. Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Sarolangun. (contoh surat lamaran terlampir);
4. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku saat pendaftaran (e-KTP, bagi yang belum memiliki e-KTP harus melampirkan foto copy surat pernyataan telah melakukan perekaman data pada Dinas Dukcapil Sesuai alamat KTP);
5. Pas Photo memakai baju kemeja putih lengan panjang tanpa dasi (khusus pelamar perempuan yang berjilbab memakai jilbab warna putih) bagi laki-laki latar belakang berwarna merah dan perempuan latar belakang berwarna biru;
  a. Warna Ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 (dua) lembar.
  b. Hitam Putih ukuran 3 x 4 cm sebanyak 4 (empat) lembar dan 4 x 6 cm sebanyak 2 (dua) lembar.
    Masing-masing Photo ditulis nama dan pendidikan dibelakangnya.
6. Surat Pernyataan yang ditulis tangan sendiri dengan huruf Kapital, tinta hitam diatas Kertas HVS dan ditandatangani di atas Materai Rp. 6.000,- yang berisi Bahwasanya Bersedia Mengikuti Persyaratan dan aturan dalam Seleksi CPNS Kabupaten Sarolangun TA.2014. (contoh format terlampir)
7. Bukti pengalaman kerja bagi calon pelamar yang berumur 35 tahun sampai dengan 40 tahun.
8. Photocopy KTP, Bukti registrasi online, Photo dan ijazah/ STTB diletakkan pada posisi paling depan sebelum surat lamaran, berkas lamaran dibuat dalam rangkap 1 (satu) dan dimasukkan kedalam MAP Snelhecter (MAP tulang kertas) sesuai dengan warna berikut:
  - Tenaga Guru           : MAP Warna Biru
  - Tenaga Kesehatan   : MAP Warna Kuning
  - Tenaga Teknis         : MAP Warna Merah
  Berkas dan MAP tersebut dimasukkan kedalam Amplop Coklat ukuran folio diluar amplop ditempel 2 lembar bukti registasi online (untuk tanda terima berkas) dan di balik Amplop tersebut dituliskan Nama Lengkap, Pendidikan dan Jabatan yang dilamar. Lalu berkas disampaikan langsung ke Kantor BKP2D Kabupaten Sarolangun dan peserta menunjukkan KTP Asli.
9. Lamaran lengkap diantar langsung ke alamat Kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Sarolangun di alamat Komplek Perkantoran Bupati Sarolangun Kelurahan Sarolangun Kembang Kec. Sarolangun Kabupaten Sarolangun, dengan menunjukkan KTP Asli.
10. Pendaftaran secara online dibuka tanggal 7 September 2014 s/d tanggal 21 September 2014 jam 18.00 waktu setempat.
11. Penyampaian berkas lamaran ke BKP2D diterima sejak tanggal 7 September 2014 s/d 21 September 2014, jam 08.00 - 15.30 waktu setempat (Jam kerja), pendaftar dapat mengantar lamaran sesuai dengan ketentuan sebagai berikut:
  Untuk Tenaga Guru           : Tanggal 7 s/d 12 September 2014
  Untuk Tenaga Kesehatan : Tanggal 12 s/d 15 September 2014
  Untuk Tenaga Teknis         : Tanggal 15 s/d 21 September 2014

PELAKSANAAN UJIAN
Ujian dilaksanakan 3 Tahap, Yaitu:
1. Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan menggunakan Sistem CAT;
2. Tes Kompetensi Bidang, dengan ujian tertulis berkenaan dengan bidang/ tugasnya;
3. Tes Wawancara.
Seleksi dillakukan dengan sistem gugur.

LOKASI DAN WAKTU PELAKSANAAN SELEKSI
1. Pelaksanaan CAT akan dilaksanakan di Kantor Regional VII BKN Palembang, di alamat Jl. Gubernur H.A.Bastari Seberang Ulu I (JAKABARING) Palembang.
2. Tes Kompetensi Bidang dan wawancara akan dilaksanakan di Linkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun.
   
  WAKTU UJIAN AKAN DITENTUKAN KEMUDIAN.
Pengumuman hasil ujian akan diinformasikan kemudian.

(DITULIS DENGAN TANGAN SENDIRI, HURUF KAPITAL, TINTA HITAM DAN DI ATAS KERTAS HVS)
CONTOH SURAT LAMARAN
                                                                                  SAROLANGUN,     SEPTEMBER 2014
                                                                
                                                                                  KEPADA
PERIHAL      :PERMOHONAN MENJADI                        YTH. BAPAK BUPATI SAROLANGUN
                   CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL/             C.Q. KEPALA BKP2D KAB.
                   PEGAWAI NEGERI SIPIL DAERA.             SAROLANGUN
DENGAN HORMAT,
SAYA YANG BERTANDATANGAN DI BAWAH INI:
NIK                                       :
NAMA                                    :
TEMPAT, TGL. LAHIR              :
AGAMA                                 :
JENIS KELAMIN                     :
PENDIDIKAN                         :
ALAMAT                                :
JABATAN YANG DILAMAR       : (GURU SMP, GURU BAHASA INDONESIA PERTAMA)
BERSAMA INI MENGAJUKAN PERMOHONAN KEHADAPAN BAPAK AGAR SUDILAH KIRANYA MENERIMA SAYA MENJADI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL/ PEGAWAI NEGERI SIPIL DAERAH DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SAROLANGUN YANG BAPAK PIMPIN.
SEBAGAI BAHAN PERTIMBANGAN BAGI BAPAK BERSAMA INI SAYA LAMPIRKAN, SEBAGAI BERIKUT:
  1. BUKTI REGISTRASI ONLINE;
  2. FOTOCOPY IJAZAH/ STTB, DANEM DLL;
  3. PAS PHOTO WARNA DAN HITAM PUTIH SEBANYAK …LEMBAR;
  4. FOTO COPY BUKTI PENGALAMAN KERJA SEJAK … S/D … (BAGI YANG BERUMUR DI ATAS 35 S/D 40 TH)
DEMIKIAN SURAT PERMOHONAN INI SAYA SAMPAIKAN, BESAR HARAPAN SAYA BAPAK DAPAT MENERIMANYA DAN SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH.
                                                     PEMOHON,
                                                     Materai Rp.6.000,-
                                                    
                                                     TANDA TANGAN DAN NAMA LENGKAP


SURAT PERNYATAAN
Saya yang bertandatangan di bawah ini:
NAMA                                          :
NO. REGISTRASI ONLINE              :
TEMPAT, TANGGAL LAHIR              :
PENDIDIKAN                               :
JABATAN YANG DILAMAR              :
ALAMAT                                      :
DENGAN INI MENYATAKAN BAHWA SAYA AKAN MENGIKUTI, MENYETUJUI DAN MENTAATI SEMUA PERSYARATAN SERTA ATURAN YANG DITETAPKAN OLEH PEMERINTAH KABUPATEN SAROLANGUN DALAM SELEKSI CPNS DILINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN SAROLANGUN TAHUN ANGGARAN 2014 .
APABILA SAYA MANGKIR DARI PERNYATAAN INI, MAKA LAMARAN SAYA AKAN DIBATALKAN, SEHINGGA SAYA TIDAK BERHAK UNTUK MENGIKUTI SELEKSI CPNS TERSEBUT SERTA SAYA AKAN BERSEDIA MEMBUAT SURAT PENGUNDURAN DIRI DITANDATANGAN DIATAS MATERAI RP.6.000,-..
DEMIKIAN SURAT PERNYATAAN INI SAYA BUAT DALAM KEADAAN SADAR DAN TANPA PAKSAAN DARI PIHAK MANAPUN.
SAROLANGUN,                       2014  
yANG MENYATAKAN
Materai Rp. 6.000,-
TANDATANGAN/ nAMA LENGKAP

AMPLOP COKLAT
NAMA            :
TTL               :
PENDIDIKAN :
JABATAN       :

PADA HALAMAN DEPAN DITEMPEL 2 LEMBAR FOTOCOPY
BUKTI REGISTRASI ONLINE UNTUK TANDA TERIMA BERKAS
(1 ditempel pada amplop, 1 lagi diklip pada amplop)




 

Penting !! 
-  Memutuskan untuk memilih formasi ini berarti tidak bisa memilih formasi lainnya.

3 komentar:

  1. Ini sangat membantu, terima kasih atas informasinya http://karyadrh.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    BalasHapus
  3. Kenapa website tidak dikembangkan lebih jauh, diupdate setiap artikel biar lebih hidup, semoga bisa menjadi pertimbangan untuk kedepannya, sayang kalau tidak diseriusi, Salam Lapas Sarolangun

    BalasHapus