Senin, 13 Oktober 2014

Teknis Memasang Mulsa Plastik Hitam Perak (MPHP)



Teknis memasang mulsa plastik hitam perak (MPHP). Kali ini saya menulis teknis pemasangan mulsa plastik hitam perak dalam bentuk lembar persiapan menyuluh (LPM) berdasarkan pengalaman penulis dan di dukung dari berbagai sumber. Tak dapat di pungkiri masih banyak petani bahkan Penyuluh Pertanian Lapangan sekalipun yang masih belum mengetahui teknis pemasangan mulsa yang benar. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan kita. 





LEMBAR PERSIAPAN MENYULUH



NAMA                           : Benny Nurmansyah, S.P

WAKTU                         : 90 Menit

JUDUL  MATERI            : Teknis Pemasangan mulsa plastik hitam perak (MPHP) pada Tanaman
                                      Hortikultura.

T I K                             : Mengetahui Manfaat  & Cara Memasang mulsa plastik hitam perak (MPHP)

METODA                      : Ceramah, Diskusi dan Demontrasi Cara

HARI/ TANGGAL           :          

ALAT & BAHAN             : Pasak (bilah bambu), Mulsa MPHP,  Tanaman Hortikultura
                                       
SASARAN                    : Petani Hortikultura

PEMBAGIAN WAKTU    :


No


Waktu

Kegiatan

Alat Bantu

I







10 Menit

- Pendahuluan
  Persiapan alat & bahan


- Mengarahkan judul/materi


- Menyiapkan alat & bahan



- Menyampaikan judul/materi    
  yang akan disampaikan

II











60 Menit





- Materi
  Menjelaskan judul materi
Menjelaskan Manfaat menggunakan MPHP
Menjelaskan cara memasang MPHP


- Tanya jawab



- Menjelaskan teknis  
  memasang MPHP






- Waktu bagi para peserta
  untuk bertanya dan penyuluh
  menyiapkan petanyaan
  seputar materi


III







20 Menit

- Penutup

  Evaluasi
  Penugasan

  Penutup/ kesimpulan
  Penegasan

Setelah melakukan penyuluhan lebih dari 30%

Menanyakan kembali, menjelaskan materi

Menjelaskan kesimpulan materi



M A T E R I


Dewasa ini bertani cabai hibrida sistem mulsa plastik hitam perak (MPHP) banyak dipraktekkan pada usahatani cabai keriting hibrida maupun cabai kecil hibrida. Alasan utama sistem MPHP digunakan pada cabai-cabai hibrida adalah untuk mengimbangi biaya pengadaan MPHP dari peningkatan hasil cabai yang lebih tinggi daripada cabai biasa, sehingga secara ekonomis menguntungkan.

Keuntungan bertani sistem MPHP antara lain :
  1. Pemberian pupuk dapat dilakukan sekaligus total sebelum tanam.
  2. Warna hitam dari mulsa menimbul-kan kesan gelap sehingga dapat menekan rumput-rumput liar atau gulma.
  3. Warna perak dari mulsa dapat memantulkan sinar matahari ; sehingga dapat mengurangi hama aphis, trips dan tungau, serta secara tidak langsung menekan serangan penyakit virus.
  4. Menjaga tanah tetap gembur, suhu dan kelembaban tanah relatif tetap (stabil).
  5. Mencegah tercucinya pupuk oleh air hujan, dan penguapan unsur hara oleh sinar matahari.
  6. Buah cabai yang berada di atas permukaan tanah terhindar dari percikan air tanah sehingga dapat mengurangi resiko berjangkitnya penyakit busuk buah.
  7. Kesuburan tanah karena pemupukan dapat merata, sehingga pertumbuhan dan produksi tanaman budidaya relatif seragam (homogen).
  8. Praktis untuk melakukan sterilisasi tanah dengan menggunakan gas fumigan seperti Basamid-G, karena fungsi MPHP mempercepat proses pembentukan gas zat fumigan tanpa harus membeli plastik khusus.
  9. Secara ekonomis penggunaan MPHP dapat mengurangi pekerjaan penyiangan dan penggemburan tanah, sehingga biaya pengadaan MPHP dapat dialokasikan dari biaya pemeliharaan tanaman tersebut.
  10. Pada musim kering (kemarau), MPHP dapat menekan penguapan air dari dalam tanah, sehingga tidak terlalu sering untuk melakukan penyiraman (pengairan).

Adaptasi atau pengembangan teknologi sistem Mulsa Plastik dirintis oleh Jepang dan Taiwan yang memperkenalkan Mulsa Plastik Hitam Perak (MPHP). MPHP ini memiliki dua muka dan dua warna, yaitu muka pertama berwarna hitam dan muka kedua berwarna perak. Warna hitam untuk menutup permukaan tanah, warna perak sebagai permukaan atas tempat menanam suatu tanaman budidaya. Warna perak pada mulsa akan memantulkan cahaya matahari sehingga proses fotosintesis menjadi lebih optimal, kondisi pertanaman tidak terlalu lembab, mengurangi serangan penyakit, dan mengusir serangga-serangga penggangu tanaman seperti Thirps dan Aphids. Sedangkan warna hitam pada mulsa akan menyerap panas sehingga suhu di perakaran tanaman menhadi hangat. Akibatnya, perkembangan akar akan optimal. Selain itu warna hitam juga mencegah sinar matahari menembus ke dalam tanah sehingga benih-benih gulma tidak akan tumbuh.

Teknis pemasangan MPHP
            Sebelum MPHP dipasang untuk menutupi permukaan bedengan, terlebih dahulu dilakukan pemupukan pupuk buatan secara total sekaligus. Pemasangan MPHP sebaiknya memperhatikan cuaca, yakni pada saat terik matahari antara pukul 14.00 - 16.00 agar plastik tersebut memanjang (memuai) dan menutup tanah serapat mungkin. Pemasangan MPHP minimal dilakukan oleh 2 orang. Caranya adalah : tariklah kedua ujung MPHP ke masing-masing ujung bedengan arah memanjang. Kemudian dikuatkan dengan pasak bilah bambu berbentuk "U" yang ditancapkan di setiap sisi bedengan. Berikutnya tarik pula lembar MPHP ke bagian sisi kiri kanan (lebar) bedengan hingga nampak rata menutup permukaan bedengan. Kuatkan dengan pasak bilah bambu pada setiap jarak 40 - 50 cm. Bedengan yang telah ditutup MPHP dibiarkan dulu selama + 5 hari agar pupuk buatan larut dalam tanah dan tidak membahayakan (toksis) bibit cabai yang ditanam.






SINOPSIS
           
Budidaya cabai hibrida dengan sistem MPHP merupakan perbaikan kultur teknik ke arah yang intensif. Pada umumnya sistem budidaya cabai di sentra-sentra produksi cabai masih menggunakan benih lokal dan populasi tanaman per hektarnya tinggi. Populasi yang sangat rapat ini dapat mengakibatkan penangkapan sinar matahari setiap tanaman berkurang dan kelembaban udara di sekitar kebun menjadi tinggi. Kelembaban yang tinggi seringkali dapat meningkatkan serangan hama dan penyakit. Perbaikan kultur teknik budidaya cabai secara intensif untuk meningkatkan produksi maupun kualitas hasil, diantaranya adalah penggunaan benih unggul dari varietas hibrida yang bermutu tinggi, penerapan MPHP, pemupukan berimbang, pengendalian hama dan penyakit, serta cara-cara lain yang khas seperti pemasangan turus dan perempelan tunas ataupun daun.
            Penyuluh Pertanian Lapangan sebagai ujung tombak arus informasi pertanian ke pada petani, seyogyanya dapat menyebarkan informasi teknologi terkini yang dapat menjawab keluhan dan memenuhi kebutuhan petani dilapangan, salah satunya dengan cara menginformasikan manfaat dan cara pemasangan MPHP kepada para petani.




























4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Dah selesai DikLat Karantina.. Selamat ya..
    salam tuk teman2 di jambi semuanya

    Selamat idul Fitri 1 syawal 1437 H
    Mohon maaf lahir dan batin
    Minal Aidin Wal Faidzin Taqabalallahu minnaa wa minku

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah... tuntas pak. semoga bs ketemu kembali...



      Hapus
  3. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    BalasHapus